Review Drama "Youth of May"

Waaaaaw!!!

Akhirnya nulis blog juga wkwkwk hahahaha

Hari ini lagi capek banget sebenernya, tapi tiba-tiba jadi semangat karena mau nulis review ^ ^

 

Barusan banget nih selesai nonton sebuah drama yang.... cukup mengecewakan menurutku

Judulnya "Youth of May"

 


SINOPSIS SINGKAT

Drama ini menceritakan tentang kisah cinta dua anak muda, Hee Tae dan Myeong Hee, di masa pemberontakan Gwangju tahun 80an. Kisah mereka sangat tidak mudah, ada berbagai halangan yang menghalangi, mulai dari keluarga sampai situasi politik yang terjadi. Padahal mereka tidak minta banyak, hanya ingin hidup bahagia berdua. Lalu apakah pada akhirnya keinginan mereka akan terwujud?

 

REVIEW

Pertama-tama aku mau bilang, aku suka banget cerita-cerita yang berdasarkan sejarah nyata. Menurutku ini merupakan cara biar kita yang hidup di masa sekarang tu bisa tetap inget sejarah gitu. Walaupun ada perubahan atau penambahan di ceritanya, setidaknya kan itu based on true story.

Jadi pas tahu sinopsis drama ini aku langsung seneng. Jujur mungkin ekspektasiku ketinggian, jadinya aku agak kecewa sih sama drama ini :(

Peringatan ya, aku bakal banyak ngomel-ngomel wkwk


Yang pertama mau aku komentari adalah plotnya. Menurutku plot drama ini tu berasa anak kecil yang kehilangan ibunya di tengah pasar yang rame. Nggak tahu mau kemana, dan bingung mau fokus ngapain.

Penulis drama ini tu mungkin pengen menyentuh banyak tema sekaligus gitu ya, mulai dari politik, pemberontakan, tragedi, kekejaman, dan romance tentunya. Tapi kesannya tu malah nggak jelas. Pembagian porsinya sangat nggak pas (kadang ada adegan yang belum tuntas udah diganti fokus ke tema lain), dan jatuhnya malah semuanya setengah-setengah gitu.

Untuk romance-nya sih menurutku cukup bagus ya. Building dari awal cerita Hee Tae dan Myeong Hee cukup solid, sampe akhir juga fine-fine aja. Yang jadi masalah adalah tema-tema lain yang mengiringi ini.



Menurutku ya, kalau mau fokus sejarahnya tu ya fokus ke sejarah aja, kalau mau fokus romance ya sejarahnya nggak usah dibahas dalem-dalem. Nggak adil aja gitu lo buat sisi sejarahnya, apalagi ini kisah nyata kan...

Aku juga nggak terlalu paham sih apa yang terjadi pas pemberontakan Gwangju. Dan dengan nonton drama ini pemahamanku nggak semakin bertambah hahaha.

Yang jadi satu kunci plot yang hilang sebenernya adalah, apa alasan ada pemberontakan??? Kalau ini dijelasin dari awal, semua adegan bakal masuk akal gitu lo.

 


Karena nggak dijelasin, jadinya banyak scene yang terasa hambar dan dangkal. Kita nggak tahu apa yang diprotesin para mahasiswa ini, kita nggak paham kenapa tentara tiba-tiba pada nembakin warga sipil, dan nggak ada yang paham juga ini tentaranya sebenernya pada nyari apa di Gwangju.

Drama ini jadi lebih fokus ke kekejaman para tentara, ada banyak banget adegan kekerasan yang jujur bikin agak nggak nyaman nontonnya.

Setidaknya buat orang awam kayak aku, i'm just so confused.

Terus ada satu masalah lagi yang bener-bener mengganggu. Set dramanya itu... buatan ya? Yang set tengah kota itu? Kelihatan fake wkwk

Apalagi pas adegan barisan tentara nembakin warga, itu berasa... lucu aja gitu jatuhnya. Mana jaraknya deket banget 😅

Pokoknya kalau mau nonton drama ini aku saranin fokus aja ke Hee Tae sama Myeong Hee karena yang lainnya... ya... agak ambigu hehe



Endingnya juga melakukan kesalahan yang umum terjadi, terlalu maksa biar cepet kelar.

Udah tahu suasana lagi darurat, adeknya masih kecil kok ditinggal sendirian? Dan itu mayatnya dipindahin ya berarti? Kalau dibiarin di situ aja nggak mungkin selama itu baru ketemu kan? Atau gimana dah?

Dan ada satu adegan lagi yang bikin aku ngakak parah. Yang pas Jung Tae ketembak, dan Bapaknya dateng sambil panik dan perhatian. Hmm Pak, permisi, itu yang nembak suruhan Anda lo.

Dari awal bapaknya udah diceritain kejam dan nggak punya belas kasihan (bahkan sama anak-anaknya), tiba-tiba di akhir dikasih adegan gitu tu biar apa ya? 😅

 

Overall, aku masih kecewa sama drama ini. Sayang aja gitu, padahal dasar ceritanya tu sangat potensial untuk jadi bagus. Mungkin kalau episodenya 16 bisa lebih solid? (P.S. aku nggak tahu kalau ini ternyata cuma 12 episode --")

Aku rekomendasiin drama ini buat kalian yang suka sama aktris dan aktor yang main di sini. Akting dan styling mereka bagus-bagus semua wkwk

Happy watching guys!

 

OST

Untuk OST ada satu yang aku suka:

Jung Joon Il - "Days In Memory"

 

CONTACT

Twitter @HelloArmany

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Drama "Lovely Us"

Review Drama "Meow The Secret Boy"

Review "Dancing High"