Tipe MBTI Member Verivery 2

Annyeong! Annyeong!

Kali ini mau nulis tentang Verivery lagi... dan masih berhubungan dengan MBTI wkwk


"My babies"


Postingan kali ini akan membahas tentang Dominant Function atau kepribadian dominan dan umum yang biasanya dimiliki tiap tipe MBTI


Di blog itu tulisannya bahasa Inggris, jadi aku cuma men-translate saja dan menambah sedikit penjelasan hehe

Let's start!

Yang pertama ada ENFP, Dongheon dan Yeonho

 

Para ENFP ini fokus melihat setiap koneksi dan kemungkinan di setiap situasi. Mereka orangnya yang paling semangat kalau lagi berimajinasi tentang masa depan beserta segala potensi, inovasi, dan solusinya. Mereka juga orang yang terbuka dan penuh rasa ingin tahu. ENFP ini bukan tipe yang suka men-judge orang, karena mereka lebih fokus meng-observasi atau berusaha memahami. Mereka melihat hidup dari berbagai sudut pandang dan suka menemukan solusi-solusi untuk situasi sulit. Kalau tipe lain menghindari kekacauan, ENFP ini malah suka dan bersemangat kalau dihadapkan dengan situasi rumit yang butuh strategi dan solusi baru.

Sebagai leader, Dongheon sering banget cerita ke Verrer tentang rencana atau bayangan masa depan Verivery. Apalagi kalau udah dipasangin sama Yeonho, mereka bisa cerita non-stop tentang rencana masa depan dan keseharian Verivery, mulai dari masalah-masalah di dorm atau pas latihan, sampai berbagai behind the scenes music show. Mereka juga biasanya saling lempar ide atau solusi buat berbagai masalah Verivery. Pas baca narasi di atas aku langsung kebayang pas Yeonho atau Dongheon lagi semangat banget bahas sesuatu sampe ngomongnya cepet dan ngomongnya saling tumpuk-tumpukan gitu wkwk.

 “We keep moving forward, opening new doors, and doing new things, because we’re curious and curiosity keeps leading us down new paths.”

Ini ada quote yang cocok menggambarkan ENFP, artinya kurang lebih “Kita tetap melangkah ke depan, membuka berbagai pintu baru, dan melakukan banyak hal baru, karena kita ingin tahu dan keingintahuan membimbing kita ke arah berbagai jalan baru”



Terus ada INFP, Gyehyeon dan Kangmin

 

INFP orangnya fokus menilai dunia berdasarkan apa yang mereka anggap benar untuk tiap individu, seperti identitas, kepercayaan, dan kata hati. Mereka memegang kepercayaan untuk menjadi diri sendiri dan tidak berubah karena pengaruh orang lain. Di jaman sekarang, lingkungan sekitar biasanya akan banyak memberikan tekanan kepada setiap orang untuk mengikuti peraturan dan stereotype tertentu, tapi INFP lebih suka mendengarkan suara hati mereka yang menuntun kepada kebenaran dan keinginan unik mereka sendiri. Tujuan hidup mereka adalah untuk bisa menemukan dan mengikuti jalan mereka sendiri tanpa terpengaruh tekanan sosial sekitar.

Untuk Gyehyeon aku keinget pas dia sering digodain member lain karena kebiasaannya yang lucu dan agak “aneh”, terus dia dengan agak jengkel ngedumel membela diri gitu, lucuuu wkwk. Misalnya pas para member niruin kebiasaan ngomongnya Gyehyeon kalau lagi capek atau pas Gyehyeon nggak nonton film series dengan urut wkwk. Walaupun punya prinsip hidup yang kuat, dari Gyehyeon bisa dilihat kalau INFP ini juga menghargai prinsip hidup dan keunikan masing-masing orang. Mereka nggak berusaha merubah atau mempengaruhi orang lain.

Terus ada our growing baby Kangmin. Kangmin ini kan masih kecil ya, jadi dia juga masih proses pencarian jati diri. Tapi dia kelihatannya lebih suka mencari dengan caranya sendiri, nggak suka disuruh-disuruh atau dikasih tahu gitu. Para Hyung-nya juga udah tahu dan mereka berusaha membimbing Kangmin tanpa paksaan. Semoga dengan dikelilingi banyak orang baik, Kangmin bisa tumbuh jadi orang baik juga hehehe.

“And now here is my secret, a very simple secret: It is only with the heart that one can see rightly; what is essential is invisible to the eye.”

Ini ada quote yang cocok menggambarkan INFP, artinya kurang lebih “Ini rahasiaku, rahasia yang sangat simpel: seseorang hanya bisa melihat dengan benar menggunakan hatinya, karena apa yang penting biasanya tidak terlihat oleh mata”


Lanjut ada INTP, Minchan


INTP ini adalah orang-orang logis yang melihat kebenaran secara apa adanya. Mereka tidak dipengaruhi oleh keadaan sosial dan emosional, mereka menilai berdasarkan inti kebenaran dan prinsip dasar. INTP juga suka mencari solusi yang paling terbaik untuk segala masalah yang datang. Mereka suka membongkar dan memisahkan setiap pemikiran lalu menganalisisnya. INTP selalu berpikiran menggunakan logika dan suka memperdalam pengetahuan mereka tentang bidang atau spesialisasi tertentu.

Uri-Minchanie… I miss him so much T T

Walaupun dari berbagai sumber INTP ini terkesan sangat logis dan tidak emosional, menurut member lain Minchan ini justru orangnya paling emosional wkwk. Dia yang paling gampang nangis dan dia juga yang paling peka dan paling pertama ndeketin kalau ada member yang kelihatan sedih atau ada masalah. Tapi Minchan ini kelihatan nggak nge-judge orang lain secara emosional, jadi walaupun sering digodain atau dibully dia tetep stay cool and sweet. Sesuai sama sifat INTP, Minchan juga kadang suka membedah dan menganalisis berbagai permasalahan, mulai dari yang penting sampe yang nggak penting hahaha. Minchan juga punya banyak pengetahuan umum dan keahlian di bidang-bidang tertentu, kayak ngedit video, masak, sampe mbenerin shower rusak.

“I am not apt to follow blindly the lead of other men.”

Ini ada quote yang cocok menggambarkan INTP, artinya kurang lebih “Aku tidak suka dengan mudah mengikuti arahan orang lain begitu saja”



Next ada ENFJ, Yongseung


ENFJ fokus untuk menyatukan orang-orang dan me-respon kebutuhan emosional mereka. ENFJ biasanya selalu pandai membaca suasana sekitar dan bisa mengubahnya jika diperlukan. Mereka ahli membuat orang merasa nyaman dan mereka juga pintar menempatkan kata-kata dan humor sesuai tempatnya. ENFJ ini suka berdiskusi tentang moral, kehidupan, dan pemikiran individu. Mereka juga biasanya penasaran dan tertarik dengan hubungan antar orang-orang di sekitarnya.

Yongseung-ie ini kelihatan emang ahli membaca suasana. Dia bisa diem dan cerewet di saat yang tepat. Kadang juga suka bercanda atau mengeluarkan komentar-komentar yang bisa bikin semua orang ketawa. Semua member kayaknya nyaman sama Yongseung, mereka suka ngajak Yongseung mulai dari untuk nge-live di Vlive, jalan-jalan, atau main game bareng. Aku jadi kebayang pas Yongseung selalu ngasih respon yang tepat buat setiap orang, apalagi kalau ada yang lagi cerita gitu, dia biasanya ngasih respon yang mendukung dan kelihatan antusias. Kalau dipasangin sama Dongheon hyung, Yongseung biasanya cuma jadi pendengar karena Dongheon banyak ngomongnya wkwk. Tapi kalau sama Hoyoung  atau Minchan biasanya porsi cerita mereka pas, karena Hoyoung dan Minchan juga tipe pendengar yang baik kalau Yongseung cerita.

“We are caught in an inescapable network of mutuality, tied in a single garment of destiny. Whatever affects one directly, affects all indirectly.”

Ini ada quote yang cocok menggambarkan ENFJ, artinya kurang lebih “Kita terperangkap di hubungan yang saling mempengaruhi, terikat oleh takdir. Apapun yang mempengaruhi seseorang secara langsung, secara tidak langsung juga akan mempengaruhi orang lain”


Last but not least ada ISFJ, Hoyoung


ISFJ suka membandingkan antara pengalaman masa lalu dan masa sekarang untuk menentukan apa yang bisa mereka percaya. Mereka punya dasar pengalaman dan ingatan yang kuat untuk membimbing perjalanan hidup mereka. ISFJ sangat peka terhadap detail, sampai mereka biasanya yang paling pertama sadar kalau ada perubahan dibandingkan tipe-tipe lain. Karena mereka tipe yang suka stabilitas, ISFJ biasanya memiliki rutinitas atau kebiasaan tertentu yang bisa memberikan konsistensi dan kenyamanan buat dirinya sendiri dan orang-orang disekitarnya.

Kalau masalah peka, Hoyoung emang terkenal paling peka. Yongseung pernah bilang kalau Hoyoung itu yang paling tahu tiap membernya, bahkan lebih dari member itu sendiri. Hoyoung juga yang biasanya paling hapal detail tiap member, mulai dari makanan kesukaan mereka sampai kebiasaan dan ekspresi mereka kalau lagi capek. Aku juga inget pernah ada yang bilang kalau Hoyoung tu orangnya bisa diandalkan, dia kelihatan konsisten dan bisa melakukan semuanya dengan baik. Kalau Verivery lagi pada capek gitu, kita bisa lihat kalau lagi perform Hoyoung ini yang tetap stabil nggak kelihatan kalau dia capek, terus kalau lagi interview juga dia biasanya jadi banyak omong biar tensionnya agak naik wkwk.

“Be faithful in small things because it is in them that your strength lies.”

Ini ada quote yang cocok menggambarkan ISFJ, artinya kurang lebih “Percayalah pada hal-hal kecil, karena disitulah kekuatan kalian”


Selesai hehehe

Ke depannya bisa jadi aku bakalan banyak nulis tentang tipe MBTI Verivery, seru soalnya hehe

Tapi sekali lagi aku bilang, ini cuma pengamatanku sebagai fans dan orang luar. Karena aku juga nggak kenal mereka secara personal, jadi jangan jadikan tulisanku sebagai dasar buat men-judge kepribadian mereka ya ^ ^

Stan Verivery!


Contact

Twitter @HelloArmany

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Drama "Lovely Us"

Review Drama "Meow The Secret Boy"

Review "Dancing High"