Cara Simpel Meredakan Stress

Kembali lagi nih dengan artikel lain seputar kesehatan mental hehe. Kali ini mau membahas tentang salah satu trigger awal pada masalah kesehatan mental, yaitu stress. Hampir semua orang pasti pernah merasakan stress, akibatnya pun beragam. Tapi tidak semua orang tahu cara untuk menghilangkan atau meredakan stress itu sendiri.

Banyak orang yang hanya membiarkannya begitu saja dengan anggapan stress itu akan hilang dengan sendirinya. Tapi, menimbun sesuatu yang tidak baik itu bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Mending nimbun uang daripada nimbun stress hihihi


"Stress"
Sumber: https://www.pinterest.co.uk/pin/625507835723287266/


Nah, di sini aku mau kasih tahu cara simple yang bisa kalian lakukan untuk meredakan stress. Apalagi kalau kalian bener-bener lagi sibuk dan nggak bisa meluangkan banyak waktu. Ssst… ini hasil penelitian terpercaya loo…

Jadi ada beberapa orang psikolog dari Unversity of Konstanz yang sedang melakukan penelitian seputar stimulus yang dapat meningkatkan relaksasi mental dan fisik pada manusia. Metode penelitiannya ini melibatkan 60 orang, yang dibagi dalam 3 grup, masing-masing berisi 20 orang. Ketiga grup ini diberikan stimulus yang berbeda-beda, dan tingkat relaksasi mereka akan diukur berdasarkan perubahan pada High Frequency Heart Rate Variability (HF-HRV) dan pernyataan relaksasi secara subjektif. Heart Rate Variability (HRV) adalah variasi pada interval waktu antara tiap detak jantung per milisekon.

Grup pertama diberi stimulus berupa 10 menit pijatan dengan kekuatan sedang pada kepala dan leher. Grup kedua diberi stimulus berupa 10 menit pijatan dengan gerakan lembut pada leher dan pundak. Sedangkan grup ketiga tidak diberikan stimulus gerakan apapun, tapi hanya dibiarkan duduk pada jangka waktu yang sama sambil diminta untuk menceritakan perasaan mereka.

Hasilnya, semua peserta mengatakan bahwa mereka merasa lebih relaks dan stress mereka berkurang. Lebih jauh lagi, semua peserta menunjukkan peningkatan HRV yang signifikan, hal ini menunjukkan bahwa secara fisik tubuh merasa relaks. Dampak secara fisik ini lebih terlihat pada grup yang menerima pijatan, tidak penting apakah pijatannya lembut atau keras.


"Memijat Diri Sendiri"
Sumber: https://backintelligence.com/self-massage-techniques/


Nah, berdasarkan hasil penelitian di atas, sekarang kalian udah tau kan apa yang harus dilakukan kalau lagi stress? Ya walaupun mungkin dampaknya nggak bisa bertahan lama, lumayan lah untuk sesaat merelaksasi pikiran hehe

Sumber:

University of Konstanz. "Ten minutes of massage or rest will help your body fight stress."ScienceDaily. ScienceDaily, 18 September 2020. <www.sciencedaily.com/releases/2020/09/200918104305.htm>.

Sumber Jurnal: https://www.nature.com/articles/s41598-020-71173-w

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Drama "Lovely Us"

Review Drama "Meow The Secret Boy"

Review "Dancing High"