Review Novel Throne of Glass Series


Hai semuanya!!!
Hari ini kembali lagi dengan sebuah review, tapi bukan review drama
Melainkan…. Review novel
Yeeeey!!!

Udah lama banget ya nggak nulis reviewan novel wkwk

Novel series kali ini agak panjang, jadi lumayan butuh waktu lama buat ngabisinnya hehe
Judul seriesnya sesuai sama judul buku pertamanya yaitu “Throne of Glass”. Penulisnya Sarah.J.Maas

Total di series ini ada 7 buku : Throne of Glass, Crown of Midnight, Heir of Fire, Queen of Shadows, Empire of Storms, Tower of Dawn, dan Kingdom of Ash.


"All the books in the series"


Sinopsis Singkat

Novel ini berlatar belakang di sebuah dunia fiksi, dimana sebagian besar wilayahnya dikuasai oleh raja jahat yang kejam. Raja itu memusnahkan sihir di seluruh dunia dan juga menyetujui perbudakan. Selain itu semua penduduk yang diketahui masih melakukan praktek sihir akan dibunuh, bahkan keturunan-keturunannya juga dibunuh.
Saat semua orang sudah putus asa, muncul secercah harapan dari sebuah kerajaan yang dikira sudah hancur karena seluruh keturunan rajanya dibantai. Tanpa diduga putrid satu-satunya dari raja itu masih hidup, dan dia siap membalas kejahatan si raja jahat dan mengembalikan sihir ke dunia.

Review

Tokoh utama di novel ini adalah si putri itu, namanya Celaena Sardothien. Walaupun sudah tahu kalau dia adalah putri yang dikira sudah mati, tapi nggak akan langsung dibahas seperti itu dari novel pertama. Novel ini akan mengikuti perjalanan Celaena dari nol sampai bagaimana akhirnya dia bisa mengklaim kembali tahtanya.

Aku awalnya pas baca novel pertama nggak tahu kalau si Celaena ini adalah seorang putri. Celaena diceritakan sebagai seorang pembunuh bayaran, dan tingkah lakunya juga mencerminkan itu. Novel pertama akan dipenuhi oleh action-action keren dan juga ambiguitas dari sifat si Celaena, sampai aku kadang bingung dia ini baik apa jahat.

Jujur novel pertama ini menurutku yang paling seru dibanding novel-novel seterusnya. Karena belum ada konflik kerajaan, dan cuma fokus ke Celaena dan kompetisinya biar jadi Champion. Terus tokohnya juga belum banyak, cuma ada Chaol dan Dorian.



Setelah kompetisi selesai, mulailah muncul konflik-konflik kerajaan dari wilayah-wilayah yang dijajah oleh si raja jahat. Untuk konflik-konflik kerajaannya sendiri aku mikirnya agak… susah dimengerti ya
Pertama, nama wilayah-wilayahnya itu susah-susah, nama tokoh-tokohnya juga susah diinget, jadi kadang agak nggak nyambung. Dan juga wilayah-wilayahnya itu banyak banget, jadi harus bener-bener fokus pas mbaca wkwk



Terus dimulai dari novel kedua bakalan banyak karakter-karakter baru yang muncul. Jujur aku suka novel yang banyak side characternya gini, apalagi mereka punya kisah hidupnya masing-masing. Dan di novel ini tu porsi ceritanya pas gitu. Semua tokoh dapet spotlightnya masing-masing dan nggak ada yang dianaktirikan #ea. Bahkan ada satu novel khusus (novel keenam) yang nggak ada cerita Caelena sama sekali, karena novel itu fokus mbahas ceritanya Chaol dan Yrene.

Tapi yang aku sayangkan adalah karakter cewek-ceweknya. Nantinya bakalan banyak karakter cewek yang muncul, ada Lysandra, Manon, Yrene, Elide, dll. Tapi mereka semua tu kayak sifatnya sama semua gitu, sama kayak Caelena. Mereka kuat, kadang sarkastis, percaya diri, dan nggak punya rasa takut. Yang membedakan cuma pasangan mereka masing-masing wkwk. Agak sayang sih, padahal kan seru kalau sifat mereka agak beda-beda gitu….



Untuk plot cerita sampai ke perang di akhir menurutku juga agak dipanjang-panjangin. Kayak yang aku bilang tadi, konfliknya agak susah dimengerti. Tapi semua akan mulai masuk akal pas perangnya udah mulai. Aku suka gimana eksekusi perangnya, menggambarkan banget perjuangan desperate para tokohnya. Terus aku juga suka gimana Caelena ini mengumpulkan allies dari “teman-teman” di masa lalunya, keren banget gitu ^ ^



Ada dua hal yang menurutku bikin novel ini tu charming banget
Yang pertama adalah gimana cara novel ini membahas tentang loyalty. Semua tokoh di novel ini bener-bener digambarkan sebagai orang yang setia, entah itu kepada temen-temennya atau kepada kerajaan dan tanah kelahirannya. Tiap ada yang habis dibantu sama orang lain, dia pasti nggak akan melupakan kebaikan orang itu dan akan membalasnya nanti. Terus di perang di akhir juga, gimana loyalty ini jadi literally hal terakhir yang bikin mereka tetep bertahan walaupun udah sekarat.
Menurutku loyalty emang sifat orang yang biasa ada di jaman kerajaan ya, tapi novel ini bener-bener menggambarkan sifat itu dengan bagus gitu. Kayak loyalty itu sesuatu yang sacred. Ada beberapa scene yang sampai bikin aku merinding pas bacanya hehehe



Terus yang kedua adalah tentang si tokoh utamanya Caelena. Aku sebenernya nggak terlalu suka pengembangan karakternya. Dari awal sampe akhir kayaknya karakter Caelena ini agak nggak konsisten gitu, karakternya yang muncul itu sesuai sama situasi dan kondisi wkwk
Tapi hal yang aku suka banget adalah gimana Caelena ini digambarkan pantang menyerah. Sepanjang hidupnya ada masa-masa dimana dia harus dikurung dan disiksa, dan itu bener-bener digambarkan dengan baik. Sampai kita yang mbaca mikir, mana ada orang yang bisa survive itu…
Tapi Celaena survives, dan aku suka gimana penulisnya menggambarkan itu. Gimana strugglenya Caelena, sampai akhirnya dia bisa menemukan “cahaya” dan tetep kuat apapun yang terjadi. Bener-bener inspiring lah :)



Ada satu quote yang bagus menurutku :

“It is the strength of this (heart) that matters. No matter where you are, no matter how far, this will lead you home”

Overall, novel ini lumayan seru sih. Tapi siap-siap aja bosen di tengah-tengah hehehe
Tapi kalau kalian bisa bertahan sampai novel ketujuh, endingnya worth it kok
Happy reading :)

Contact :
Twitter@HelloArmany 

*) Semua gambar yang ada di postingan ini bersumber dari google



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Drama "Lovely Us"

Review Drama "Meow The Secret Boy"

Review "Dancing High"